Review CBR1000rr sp 2018

Desain Bodi Sporty Khas Big Bike Racikan Honda

Spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian desain tak perlu diragukan lagi. Honda meracik moge barunya ini dengan sistem aerodinamis sempurna dan tetap memperhatikan sisi ergonominya. Meski Honda CBR1000RR SP merupakan motor sport yang punya karakter kencang, namun unit moge baru Honda ini merupakan versi jalan raya yang tetap nyaman dan aman dikendarai. Nampak depan, Honda CBR1000RR SP terlihat gagah dengan desain Dual Keen Eyes pada headlight-nya. Lampu utama pada motor ini juga menggunakan proyektor LED yang akan memberikan penerangan sempurna di malam hari. Selain itu, Honda juga menempatkan lampu sein pada kedua kaca spion Honda CBR1000RR SP yang akan membuatnya nampak stylish. Bergerak ke bagian samping, desain fairing yang menutup tubuh CBR1000RR SP pun juga dirancang dengan bentuk yang menyesuaikan dengan lekuk bodinya. ‘Tongkrongan’ Honda CBR1000RR SP juga semakin sporty berkat penggunaan setang model jepit berjenis Under Yorke. Kesan sporty juga nampak pada spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian buritan dengan model tail dan lampu belakang runcing dan minimalis.

Dimensi Adaptasi dari Honda RC213V

Selanjutnya kita akan membahas spesifikasi Honda CBR1000RR SP pada bagian dimensinya. Sebagai unit big bike premium, motor baru racikan Honda ini memang bisa dibilang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Bodi Honda CBR1000RR SP memiliki ukuran 2.080 x 720 x 1.141 mm dengan bobot kosong mencapai 199 kg. Adapun CBR1000RR SP versi ABS memiliki bobot lebih berat, yaitu 210 kg. Pada unit Honda CBR1000RR SP kali ini, Honda mengadaptasi rangka Diamond Frame Design dari Honda RC213V yang turun di ajang balap MotoGP. Rangka tersebut dibangun dengan bahan aluminium composite twin-spar yang ringan namun kuat. Honda CBR1000RR SP memiliki jarak sumbu roda sepanjang 1.410 mm serta ground clearance mencapai 130 mm. Dimensi ini akan membuat CBR1000RR SP memiliki handling mantap dan mudah dikendalikan meski bertubuh lumayan bongsor. Selain itu, spesifikasi Honda CBR1000RR SP pada bagian desain ini juga dilengkapi dengan model tangki berdesain futuristik yang mampu menampung sebanyak 17,5 L bahan bakar.
spesifikasi honda cbr1000rr sp
Kaki-kaki Kokoh dengan Suspensi OHLINS

Kini saatnya membedah spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian kaki-kakinya. Sekilas, kaki-kaki pada CBR1000RR SP ini memang terlihat lebih kokoh daripada versi lamanya. Hal ini karena Honda menggunakan suspensi model baru pada Honda CBR1000RR SP ini. Pada suspensi depan, Honda menyematkan sistem suspensi teleskopik OHLINS tipe NIX30 yang dilengkapi dengan inverted fork bertabung 43 mm. Sementara itu untuk suspensi belakang, Honda CBR1000RR SP dibekali dengan suspensi Pro-Link OHLINS tipe TTX36. Sedangkan untuk bagian roda, Honda membalut velg depan Honda CBR1000RR SP dengan ban 120/70 -ZE17M/C. Ukuran ban depan yang cukup besar tersebut diimbangi oleh ban belakang berukuran 190/50 yang juga membalut velg berukuran 17 inci. Untuk sektor pengereman, Honda CBR1000RR SP dibekali dengan sistem pengereman hidrolik dengan disc berukuran 320 x 4,5 mm yang dipadukan dengan piston Brembo Monobloc berjumlah 4 buah. Spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian kaki-kaki juga disempurnakan dengan rem single piston hidrolik 220 x 5 mm pada bagian belakangnya.
spesifikasi motor honda cbr1000rr sp
Mesin DOHC 16 Katup Hasilkan Performa Gahar

Beralih ke bagian dalam, kita akan mengorek spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian dapur pacunya. Seperti Mas Sena sempat singgung di awal tadi, CBR1000RR SP ini merupakan generasi penerus dari motor sport legendaris Honda CBR1000RR yang telah terbukti kegarangannya. Pada bagian mesin Honda CBR1000RR SP, Honda masih mengandalkan mesin 4-stroke DOHC in line 16 katup. Mesin ini memiliki kubikasi 999,8 cc dengan sistem pendingin cairan. Mesin pada Honda CBR1000RR SP ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 133 kW pada putaran mesin 12.250 rpm serta bisa menghasilkan torsi maksimum mencapai 114 Nm pada 10.500 rpm. Honda juga membekali mesin Honda CBR1000RR SP ini dengan teknologi PGM-DSFI Electronic Fuel Injection yang akan membuat pembakaran di dalamnya menjadi lebih sempurna. Meski basis mesin CBR1000RR SP masih sama dengan versi lamanya, namun generasi baru CBR1000RR ini memiliki teknologi yang lebih baik daripada generasi lamanya. Selain itu, spesifikasi Honda CBR1000RR SP pada bagian mesin juga memiliki rasio kompresi sebesar 12:03:01.

Fitur Keamanan Adopsi Teknologi Superbike

Selain desain sporty ala motor balap serta komposisi mesin super gahar, ternyata Honda juga membekali spesifikasi Honda CBR1000RR SP dengan fitur-fitur modern guna menunjang keamanan dan kenyamanan pengendaranya. Honda membekali moge terbarunya ini dengan fitur Honda Electronic Steering Damper yang akan mengencang seiring naiknya kecepatan. Selain itu, Honda CBR1000RR SP juga dilengkapi dengan fitur eC-ABS. Fitur ini merupakan kombinasi teknologi ABS (Anti-Locking Brake System) yang dikontrol secara elektronik. Teknologi ini akan memberikan keamanan pada penunggang Honda CBR1000RR SP saat mengerem secara mendadak. Kemudian, spesifikasi Honda CBR1000RR SP di sektor fitur pelengkap juga dibekali dengan Honda Ignition Security System (HISS) atau fitur  immobilizer modern yang akan mematikan mesin jika motor ini dinyalakan secara paksa menggunakan kunci duplikat.

-https://www.semisena.com/7908/honda-cbr1000rr-sp.html

Komentar

Postingan Populer