Review Yamaha R1M

Motor Super Sport Full Fairing dengan Bodi Gagah Ala MotoGP Series

Di segmen pertama ini, saya tentu akan memulai pembahasan spesifikasi Yamaha R1M ini dengan mengulas di bagian bodi fisiknya. Bukan tanpa alasan, mengingat sektor tampilan luarnya ini akan memberikan kesan awal bagi para konsumen. Dimulai dari sisi depan, Yamaha akan mengusung dua buah lampu berteknologi LED yang dibentuk bulat untuk memberikan penerangan secara lebih maksimal ketika dikendarai di waktu malam hari. Menariknya, desain dari headlamp Yamaha R1M ini dibuat begitu gagah dengan bentuk meruncing dan tajam sehingga kesan garang pun tampak begitu jelas ketika dilihat dari sisi depan. Selain itu, tersedia pula lampu sein depan yang terpasang pada bagian spion sebagai tanda berbelok arah. Sementara itu, jika kita melihat pada bagian sampingnya, full fairing pada Yamaha R1M ini pun tampak menutup sebagian besar sisi samping hingga blok mesinnya yang mengesankan sebagai motor sport premium layaknya MotoGP. Di sisi lain, tangki bahan bakarnya yang berkapasitas 17 liter pun dibuat berlekuk tegas dan tajam khas Yamaha Motor Sport Series dengan balutan cat almunium. Kemudian, joknya juga mengusung konsep ala motorsport dengan desain meninggi tajam ke belakang untuk memperkuat kesan sporty yang diusungnya. Sedangkan, menginjak pada bagian belakang, tampak stop lamp yang memang dibuat berlubang untuk mengarahkan angin dan di bagian tengahnya terpasang tail light berteknologi LED. Dengan begitu maka secara keseluruhan bisa dipastikan bahwa sektor bodi fisik pada spesifikasi Yamaha R1M ini terbilang sangat sporty dan gagah khas MotoGP.
Spesifikasi Yamaha R1M
Bodi Gagah Berbahan Serat Karbon dengan Dimensi Ideal Khas Motor Sport Full Fairing

Menginjak pada pembahasan spesifikasi Yamaha R1M lain, kini Mas Sena akan mengulas sisi dimensi dan rangka yang diusung motor buatan Yamaha ini. Sektor dimensi memang menjadi salah satu sektor yang perlu untuk kita kenali dan pahami. Bukan tanpa alasan mengingat dimensi pada motor ini juga sangat berdampak pada bentuk desain bodinya. Dimana, kali ini Yamaha R1M sendiri dibuat dengan bodi Carbon Fiber (serat karbon) yang begitu ringan namun sangat kokoh. Selain itu, didukung pula dengan rangka Delta Box Aluminium serta memiliki ukuran dimensi yang sangat ideal 2.055 mm x 690 mm x 1.150 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.405 mm berbobot 199 Kg. Dengan melihat ukuran dimensi bodi tersebut maka jelas jika Yamaha R1M ini akan terasa begitu kokoh namun ringan ketika dipacu dengan kecepatan super tinggi. Tak hanya itu saja, untuk menunjang momen berkendara yang lebih nyaman maka motor super sport ini pun juga akan dibangun dengan ukuran tinggi jok 860 mm dan ground clearance 130 mm. Sehingga, akan memberikan posisi riding yang sangat nyaman dan membuat motor ini mudah diajak bermanuver di medan perkotaan. Tentu saja dengan segala aspek sisi dimensi dan rangka yang diusung spesifikasi Yamaha R1M tersebut, dipastikan bakal memberikan pengalaman berkendara kepada para pengemudinya yang lebih nyaman dan aman.
Review Yamaha R1M
Dipersenjatai Mesin 4 Silinder DOHC Berkapasitas 998 cc Hasilkan Performa Super Gahar dan Handal

Nah, beranjak ke sektor berikutnya, kini waktunya bagi Mas Sena untuk membahas sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Yamaha R1M. Sebagaimana dengan yang sudah kita tahu bahwa motor ini merupakan produk yang bakal menyasar di kelas super premium MotoGP Series. Tentunya, untuk urusan mesin pacunya pun akan dibekali dengan komponen super handal dan canggih. Salah satu hal menarik dari sektor permesinan pada sektor mesin dari Yamaha R1M ini yaitu bekalan tipe mesin DOHC dengan 4 silinder 16 katup yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 998 cc dan mengusung sistem pendingin cairan (liquid cooled). Selain itu, untuk sistem transmisinya sendiri, motor sport ini akan mengandalkan sistem transmisi 6-speed; multiplate assist and slipper clutch. Dimana, membuatnya sanggup menyemburkan power maksimal hingga 147.1 kW (200.0PS) per 13.500 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi 112.4 Nm (11.5) kg-m @ 11.500 rpm. Dengan begitu, tak heran jika Yamaha R1M ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan tenaga yang begitu gahar. Tak sampai di situ saja, bahkan Yamaha sendiri juga telah menyertai motor ini dengan sistem pembakaran bertipe Fuel Injection dengan ignition system bertipe TCI (digital). Sementara untuk menghidupkan mesinnya Yamaha menandemkan sistem starter berjenis Electric. Pastinya, dengan kegaharan dan kecanggihan pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Yamaha R1M tersebut membuatnya kian menarik perhatian para konsumen, terutama para penggemar motor super sport premium.

Berbekal Fitur Canggih dan Fungsional

Selain memiliki performa handal dan gahar, tentu saja spesifikasi Yamaha R1M ini juga akan hadir dengan ragam fitur menarik dan canggih. Bukan tak ada sebab mengingat kali ini pihak pabrikan berlogo garpu tala itu akan melengkapi motor sport ini dengan beberapa fitur modern yang memiliki fungsional tinggi. Pertama, untuk memberikan jaminan keselamatan maka Yamaha R1M pun sudah dilengkapi dengan teknologi rem ABS yang jelas akan memberikan hasil pengereman handal. Sementara itu di sisi lain, motor ini sudah menggunakan Electronic Racing Suspension (ERS) yang dikembangkan oleh Öhlins untuk meningkatkan kontrol redaman, sehingga handling semakin sempurna. Tak sampai di situ saja, Yamaha R1M ini pun juga akan mengusung beberapa fitur canggih lainnya, seperti teknologi 3-Dimension Control yang terdiri dari Slide Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Lift Control System (LIF), Quick Shift System (QSS) dan Launch Control System (LCS). Serta, tak lupa juga mode berkendara pada instrumen indikator full digital dengan tampilan layar LCD yang membuat spesifikasi Yamaha R1M ini semakin canggih dan modern.


https://www.semisena.com/

Komentar

Postingan Populer